Selasa, 15 Juni 2010

SkyPad tablet PC dari Skybee


VIVAnews - Produsen ponsel lokal SkyBee nampaknya akan menjadi perusahaan pertama yang menjual tablet PC di Indonesia.

Pada saat penawaran umum perdana di Hotel Nikko Jakarta, SkyBee memamerkan prototipe komputer tablet mirip iPhone, yang rencananya bakal dipasarkan ke Indonesia mulai bulan depan.

"Komputer tablet SkyPad akan hadir sebagai alternatif dari komputer netbook yang saat ini cukup digemari di Indonesia. Dengan segala kelebihannya, saya rasa tablet ini akan diterima dengan baik oleh pasar," ujar Direktur Utama PT SkyBee Hendra Kendro, kepada VIVAnews, Selasa 15 Juni 2010.

Komputer tablet bernama SkyPad itu, akan membesut layar sentuh berukuran 7 inci, atau lebih kecil daripada ukuran iPad. "Ukurannya yang sebesar 7 inci, relatif  tidak terlalu besar, dan praktis karena pas bila dimasukkan ke dalam kantung jas," Hendra menjelaskan. 

Ke dalam SkyPad, SkyBee menanam sistem operasi Android versi 2. Artinya, kata Hendra, semua aplikasi mobile besutan Google bisa berjalan di tablet ini. Begitu pula aplikasi Flash, yang pada iPad mustahil bisa beroperasi.

Rencananya, SkyPad bakal tersedia dalam dua versi, yakni versi GSM dan versi WiFi. Namun, tak seperti iPad 3G yang membutuhkan kartu SIM yang berukuran lebih kecil dari ukuran normal. Tablet ini juga akan dilengkapi dengan akselerometer alias deteksi gerak.

Namun, Hendra belum bisa mengutarakan lebih lanjut spesifikasi detil hardware yang ditawarkan tablet ini, baik jenis prosesor maupun kapasitas memorinya. Namun, ia menjamin, tablet ini bakal disertai dengan konten-konten lokal. "Kami tengah mengupayakan konten ebook dalam negeri untuk menyertai SkyPad."

Yang paling penting, komputer tablet ini dibanderol dengan harga yang 'tak beda jauh' dengan harga iPad. "Bila iPad dijual belasan juta, harga SkyPad nol-nya dihilangkan satu," kata Hendra.

Hendra berjanji SkyPad akan dijual tak lebih dari Rp 2 juta. Dengan harga yang murah, Hendra optimistis tablet ini bakal laris di pasaran. Selama ini, SkyBee dikenal sebagai produsen ponsel lokal. Dua produknya adalah SkyBee 80SS dan SkyBee 83AT. (hs)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar