Selasa, 05 Januari 2010

Pendapatan Iklan Facebook melampaui MySpace


VIVAnews - Facebook memang merupakan situs jejaring sosial terbesar saat ini. Akan tetapi, dari sisi pendapatan iklan, situs besutan Mark Zuckerberg tersebut belumlah menjadi yang nomor satu.
Meski begitu, menurut laporan yang dirilis eMarketer, spesialis pengamat pasar online, tahun 2010 ini Facebook akan melampaui MySpace dalam pendapatan iklan.
Diperkirakan pemasar dari seluruh dunia akan menghabiskan dana sebesar 605 juta dolar AS di Facebook dan hanya 385 juta dolar AS di MySpace.
Itu bukan perubahan yang mengejutkan bila mengingat trafik situs jejaring sosial tersebut telah mendominasi dibanding MySpace selama lebih dari setahun terakhi. Dan tampaknya, hal ini akan dipertimbangkan oleh para pengiklan.
Seperti VIVAnews kutip dari AllFacebook, 4 Januari 2010, proyeksi yang disampaikan eMarketer menandakan pesatnya pertumbuhan Facebook. Jejaring sosial tersebut semakin menjadi komponen integral dari brand advertising yang akan terus berkembang dengan akan diperkenalkannya Open Graph API yang semakin memudahkan pengguna.
Menurut eMarketer, tahun 2010 ini total uang yang akan dihabiskan di situs jejaring sosial akan tumbuh 7,1 persen hingga ke angka 1,3 miliar dolar AS yang sebagian besarnya akan dikuasai oleh Facebook.
Pada September lalu, sebanyak 20 persen dari seluruh iklan online tayang di situs jejaring sosial. Saat itu MySpace unggul tipis di atas Facebook yakni dengan persentase 9,2 persen berbanding 8,2 persen.

2 komentar: