Sabtu, 05 Desember 2009

Berbisnis Lebih Cerdas dgn Tantangan

Tulisan Motivasi Tanadi Santoso

Kemarin saya melihat foto seorang teman yang lagi ‘pre-wedding’ atau mau menikah. Dia pose di pantai dengan membawa layang-layang. Aksi sekali. Tiba-tiba saya tertarik dengan pemikiran tentang layang-layang.

Dulu waktu masih kecil, mungkin 30 tahun yang lalu, saya suka main layang-layang. Entah itu main adu layang-layang. Atau main layang-layang yang indah berbentuk ikan, kupu-kupu dan lainnya. Lalu kita naikkan kupu-kupu kecil yang berisi kertas-kertas kecil. Tiba di atas pecah dan tersebar. Menyenangkan sekali.

Satu hal menarik tentang layang-layang adalah layang-layang dapat terbang karena menantang angin. Ini yang menarik. Jadi layang-layang terbang karena dia melawan angin. Bukan karena dia mengikuti angin. Kalau dia putus, baru dia mengikuti angin dan perlahan turun entah di mana.

Saya berpikir sukses itu bukan terjadi karena semua persoalan di dalam hidup kita mengikuti semua keinginan kita. Bukan sama sekali bukan. Tapi karena ada hambatan, halangan dan tantangan membuat kita nantinya menjadi lebih kuat. Lebih mampu dalam berbisnis.

Setelah menjalani bisnis kita jadi tahu bahwa kita harus irit dalam mempertahankan keuangan kita. Kita harus berani mengambil ’calculated risk’ atau resiko yang telah diperhitungkan. Kita juga perlu ketajaman analisa. Kita perlu hati-hati terhadap pesaing.

Kita semua perlu tantangan untuk membuat kita menjadi lebih baik sehingga kita bisa berbisnis dengan lebih cerdas. Saya jadi berpikir kalau orang tidak menghadapi kesulitan atau tantangan seperti layang-layang waktu tidak ada angin. Ditarik ulur, ditarik ulur, tetap tidak naik-naik. Namun kalau ada angin dan kita mampu menahannya dengan benang yang kuat ditambah kemauan yang kuat, maka bisnis kita juga naik seperti layang-layang.

Pesaing kita membuat kita menjadikan lebih tegar. Kompetitor membuat kita lebih tajam dalam bisnis. Kita membutuhkan tantangan. Dan kita membutuhkan kegagalan. Kegagalan membuat kita lebih tajam bersaing, lebih mampu dalam berbisnis. Juga lebih hati-hati dalam bertindak, lebih seksama melihat persaingan serta lebih cerdas menyikapi SDM (sumber saya kita) kita. Semuanya menjadikan lebih baik dalam berstrategi bisnis.

Kita butuh tantangan dan kita butuh kemauan untuk melawan tantangan itu, supaya kita dapat menang berbisnis dengan lebih baik lagi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar