Jumat, 04 Desember 2009

Tebakan Jitu

TEBAKAN JITU
DIAMBIL DARI BEBERAPA SUMBER, DI NETRALISASI OLEH MUH.FIRHAN HAERUDDIN

Mintalah penonton mengocok kartu lalu serahkan kepada Magician. Dua buah kartu Joker di buang saja. Kartu As nilainya 1, kartu 10, J, Q, K nilainya sama yakni 10.

Pegang setumpuk kartu dengan posisi tertutup (Anda hanya melihat punggung kartu). Hitung setengah dari jumlah kartu itu dengan cara membalikkan kartu satu persatu di atas meja (posisi kartu jadi terbuka). Total kartu 52 lembar, maka Magician hitung sampai 26 lembar saja. Ingatlah kartu ketujuh. Setelah berjumlah 26 lembar, ambil kartu itu lalu taruh di bawah sisa kartu yang ada di tangan Magician. Sekarang kartu di tangan Magician berjumlah 52 lembar lagi.

Buka satu lembar lalu letakkan beberapa kartu di bawahnya hingga hitungannya jadi sepuluh. Misalnya yang terbuka adalah As (As = 1) maka Magician meletakkan lagi 9 kartu di bawahnya sambil menghitung 2, 3, 4, 5, 6, 7 ,8 ,9 , 10 sehingga tersusun 10 lembar kartu.

Kemudian buka lagi selembar kartu di sebelah kanannya. Misalnya kartu yang keluar adalah kartu 10. Anda tidak perlu menaruh kartu lagi di bawah kartu 10 karena nilainya sudah 10.

Kemudian buka lagi selembar kartu di sebelah kanannya dan hitung sampai sepuluh. Misalnya kartu yang keluar adalah 5, maka letakkan 5 kartu di bawahnya sambil menghitung 6, 7, 8, 9, 10.

Setelah itu jumlahkan tiga kartu yang paling atas. Jadi kita jumlahkan: 3 kartu paling atas tadi adalah As, 10, 5 (berarti 1 + 10 + 5 = 16). Maka Magician membuka 15 lembar kartu yang masih tersisa di tangannya dan tanya penonton tahukah mereka angka berapa dan motif apa kartu ke-16 itu? Magician tahu kartu ke-16 tersebut. Kartunya pasti kartu ketujuh yang kita ingat tadi! Cobalah praktikkan dengan kartu.

Setiap kali permainan ini dilakukan, angka paling atas yang keluar selalu berubah-ubah, tapi tetap saja Magician tahu kartu ke sekian (hasil jumlah 3 kartu teratas) tadi.

SELAMAT BELAJAR

Prosedur :
-Dengan mata tertutup, anda bisa menebak angka dadu yang dilemparkan oleh sang sukarelawan.


1. Minta sukarelawan untuk melempar satu dadu sebanyak dua kali. Pastikan ia mengingat dua angka yang keluar.

2. Minta ia mengalikan dua angka dadu yang pertama kali muncul, kemudian tambahkan hasilnya dengan 5.

4. Kalikan 5 hasil yang didapat pada poin nomor 2, dan mintalah ia menambahkan hasilnya dengan angka yang muncul pada pelemparan dadu kedua.

5. Jika sudah, minta ia menyebutkan hasil total yang ia peroleh. Katakan anda bisa membaca pikiran sang sukarelawan lewat emosi yang terpancar ketika ia mengucapkan hasil akhir tersebut.

6. Ketika ia menyebutkan hasilnya, kurangi hasil tersebut dengan 25 dalam hati anda. Anda akan mendapatkan 2 digit angka. Digit pertama merupakan hasil lemparan dadu pertama, digit kedua menunjukkan hasil lemparan dadu kedua.

Contoh : lemparan dadu pertama 6, kedua 3

1. 6x2 =12, 12+5=17, 17x5=85. 85+3=88 (sang sukarelawan menyebutkan angka ini). 88-25=63 (dalam hati anda). Digit pertama 6, digit kedua 3

Catatan : Dadu dapat diganti dengan kartu bernilai 1-10. Sang penonton disuruh mengambil dua kartu, dan melakukan proses hitung yang sama.

Dalam show magic, kita hampir selalu melihat keterampilan untuk menghilangkan sesuatu di balik sapu tangan. Ketika sapu tangan dibuka, benda tersebut berubah menjadi bunga, burung, ataupun benda-benda lainnya. Berikut adalah trik dasarnya :

Persiapan : Baju lengan panjang dengan celah lebar dan banyak saku.

Berikut adalah gambar yang menjelaskan trik menghilangkan objek berupa pensil, setelah pensil dipegang dengan tangan kiri dan ditutup sapu tangan.



Jika anda sudah mahir melakukannya, ketika memasukkan pensil ke lengan baju dari saputangan, anda bisa juga menggenggam objek lain (dari saku) seperti kartu/ bunga/ burung dengan tangan kanan, sehingga objek tak hanya menghilang, namun juga berubah.

Dalam beberapa show kita sering menyaksikan magician yang diikat dengan berbagai simpul dan harus meloloskan diri dalam waktu tertentu. Dalam melakukan trik tersebut, yang paling penting dilakukan adalah membebaskan ikatan tangan. Jika ikatan tangan sudah terlepas, seerat apapun ikatan di bagian tubuh lain pasti bisa dilepaskan.
Oleh karena itu, ada sebuah trik khusus dalam membuat simpul yang mengikat pergelangan tangan. Berikut gambar dan penjelasannya :


Setelah lepas, yang dilakukan selanjutnya tinggal mencari kunci yang tepat untuk borgol, melepaskan ikatan kaki, dan meloloskan diri.

Note : Trik yang sama juga dapat diterapkan untuk ikatan leher, ditarik oleh dua orang bersamaan, namun alih-alih tercekik, tali/rantai justru terurai.

Dengan memahami trik ini, anda akan memahami prinsip dasar seorang mentalist di atas panggung :"I am right and will always be right. I make my own rules, and all you have to do is to follow my rules."

Effects : Anda menunjukkan 5 kartu ke hadapan seorang sukarelawan, memintanya untuk memilih satu dari 5 kartu tersebut dalam hati. Anda memiliki lagi 2 kartu, dan untuk membaca kondisi psikologis penonton suruh ia memilih kartu yang kanan atau kiri. Anda mulai membaca pikiran sang penonton. Anda letakkan ke lima kartu tersebut di tangan penonton. Penonton menyebutkan kartunya, dan anda berhasil menebak dengan benar.

Prosedur :

- Siapkan 5 kartu dengan urutan King Hati, 4 Keriting, As Wajik, 7 Wajik, 9 Hati.

- Buat prediksi di dalam selembar amplop bertuliskan kartu ketiga (As Wajik), letakkan di tempat yang tidak terlihat atau menarik perhatian (misal di bawah taplak meja).

- Hafalkan urutan kelima kartu tersebut (untuk mempermudah, hafalkan nilainya saja, K4A79). Persiapkan juga kartu apapun bernilai 2 dan 4 (misal 2 hati dan 4 wajik).

- Tunjukkan kelima kartu tanpa mengubah urutannya ke seorang sukarelawan. Minta ia memilih satu kartu di dalam hati.

- Tanpa mengubah urutannya, tumpuk 5 kartu tersebut menjadi satu tumpukan, menghadap ke bawah. (dari atas : K Hati, 4 Keriting, As Wajik, 7 Wajik, 9 Hati)

- Suruh sukarelawan membuka satu tangannya. Letakkan kelima kartu di tangan sukarelawan.

- Katakan anda perlu membaca kondisi psikologis sang sukarelawan. Keluarkan kartu 2 hati dan 4 wajik dalam posisi tertutup, suruh sukarelawan memilih salah satu. Letakkan di depan sukarelawan tanpa membukanya.

-Suruh sang sukarelawan meletakkan satu tangan yang tidak memegang kartu ke atas 5 tumpukan kartu tersebut, dan berkonsentrasi memikirkan kartu pilihannya.

-Suruh ia membuka satu tangan di atas tumpukan kartu tersebut. Katakan, "Sadarkah bahwa sedari tadi saya telah memanipulasi pikiran anda sehingga anda memilih kartu tertentu?" Suruh sang sukarelawan menyebutkan kartu yang dipilihnya.

Di sinilah permainan dimulai :

Checklist Kondisi : Ada 5 kartu di tangan sukarelawan, 1 kartu tertutup di depan sukarelawan, dan amplop berisi prediksi di tempat yang tidak mencolok.

1. Jika ia menyebutkan King Hati (kartu paling atas), katakan bahwa anda tadi telah menyuruhnya berkonsentrasi meletakkan tangan di atas tumpukan kartu. Suruh ia membuka tumpukan kartu paling atas, tempat ia berkonsentrasi tadi. Pasti nilainya K Hati. Abaikan kartu yang tadi dipilih untuk memprediksi psikologi sukarelawan; abaikan juga prediksi anda.

2. Jika ia menyebutkan 4 keriting (kartu kedua), suruh ia membuka kartu di depannya yang digunakan untuk membaca psikologi sang sukarelawan. Jika kartunya 2 hati, suruh ia melihat kartu kedua dari atas. Jika kartunya 4 wajik, suruh ia melihat kartu keempat dari bawah. Pasti nilainya 4 keriting. Abaikan prediksi dalam amplop.

3. Jika ia menyebutkan As Wajik (kartu ketiga), katakan bahwa anda sudah menduganya dan memprediksinya sejak tadi. Keluarkan amplop anda, suruh sang sukarelawan membuka dan membaca kartu yang tertulis. Abaikan kartu di depan sukarelawan.

4. Jika ia menyebutkan 7 Wajik (kartu keempat), suruh ia membuka kartu di depannya yang digunakan untuk membaca psikologi sang sukarelawan. Jika kartunya 2 hati, suruh ia melihat kartu kedua dari bawah. Jika kartunya 4 wajik, suruh ia melihat kartu keempat dari atas. Pasti nilainya 7 wajik. Abaikan prediksi dalam amplop.

5. Jika ia menyebutkan 9 hati (kartu kelima), katakan bahwa kartu yang dipilih oleh sang penonton sangat dekat hubungannya dengan sang penonton, tidak hanya secara mental, tapi juga secara fisik. Oleh karena itu, suruh ia membalik kartu yang paling dekat dengan telapak tangannya. Nilainya pasti 9 hati. Abaikan prediksi dalam amplop dan kartu di depannya.

Catatan : Hanya boleh dilakukan satu kali dalam satu show, atau penonton akan menyadari rahasia trik ini.

Effects : Anda meminta sukarelawan mengambil sejumlah kartu dari tangan anda. Kemudian kartu dipegang di belakang punggung masing-masing (tertutup/ menghadap ke bawah). Anda dan sukarelawan mengambil satu kartu mana saja dari tumpukan kartu masing-masing tanpa melihatnya, dan menaruhnya ke depan . Kemudian anda saling menukar kartu yang ada di depan anda. Dengan tanpa melihat kartu masing-masing, anda memerintahkan sukarelawan agar memasukkan kartu tersebut dalam posisi menghadap ke atas (terbuka) ke tengah-tengah tumpukan kartu di belakang punggungnya. Anda juga melakukan hal yang sama. Tumpukan kartu dibawa ke depan, dan dibuka dalam bentuk seperti kipas. Di masing-masing tumpukan, hanya ada satu kartu dalam posisi menghadap ke atas, dan hebatnya, masing-masing kartu di tumpukan tersebut sama-sama Joker.

Trik :

- Pastikan anda meletakkan 2 Joker di dasar tumpukan kartu. Berapapun kartu yang diambil penonton dari tangan anda pasti tidak akan mengusik kartu Joker tersebut.

- Saat membawa kartu ke depan, ambil kartu Joker dari paling bawah.

- Saat anda menukarkan kartu anda dengan sukarelawan, sang sukarelawan pun akan membawa kartu Joker anda.

- Anda akan membawa kartu non-Joker dari sang sukarelawan. Kuncinya, tetap letakkan kartu non Joker tersebut dalam posisi tertutup (menghadap ke bawah). Ambil Joker kedua di dasar tumpukan kartu anda, masukkan ke tengah dalam posisi menghadap ke atas.

-Bawa masing-masing tumpukan kartu ke depan, bicaralah sedikit tentang teori probabilitas atau daya magis kartu Joker. Katakan, "Sadarkah bahwa sedari tadi saya telah memanipulasi pikiran anda sehingga anda memilih kartu tertentu?" Buka kartu masing-masing dalam bentuk seperti kipas dan akan tampak bahwa anda berdua memiliki kartu Joker yang menghadap ke atas.

Tambahan : Trik serupa juga bisa digunakan untuk memunculkan 2 kartu di masing-masing tumpukan kartu dalam nilai yang sama (misal : As).

1. Panggil satu sukarelawan, suruh ia memeriksa kartu dan mengocoknya.

2. Ambil dua kartu dari tumpukan paling atas, namun buat seolah-olah anda mengambil satu kartu (disebut teknik "double lift": lihat gambar). Minta sang penonton menyebutkan nilai kartu tersebut (misal 2 keriting). Letakkan kembali ke tumpukan kartu


Double Lift- Tampak Samping



Double Lift- Tampak Depan

3. Bagi kartu yang ada di tumpukan teratas ke hadapan anda dalam posisi tertutup(misal 9 hati), tapi sukarelawan akan mengiranya sebagai 2 keriting. Agar lebih meyakinkan anda bisa mengatakan "Akan saya letakkan 2 keriting ke hadapan saya."

4. Lakukan lagi double lift, dan tunjukkan kartu ke penonton, minta ia menyebutkan nilainya (misal 6 sekop). Letakkan kembali ke tumpukan kartu.

5. Minta sukarelawan membuka tangannya, letakkan kartu teratas ke tangannya dalam posisi tertutup dan katakan "saya akan meletakkan kartu 6 sekop ke tangan anda" (padahal kartu tersebut adalah 2 keriting)- PENTING : pastikan sukarelawan tidak melihat kartu di tangannya.

6. Sekarang anda punya satu kartu di hadapan anda (9 hati) dan satu kartu di tangan sukarelawan (2 keriting), tapi sang penonton akan mengira 2 keriting di tangan anda, dan 6 sekop di tangannya.

7. Masukkan kartu di hadapan anda ke dalam tumpukan kartu. Lalu kocok. Tanya sukarelawan kartu apa yang anda masukkan, dan ia akan menjawab "2 keriting". Pastikan agar penonton mengingat hal ini.

8. Katakan anda akan menteleportasi secara magis kartu 2 keriting. Beraktinglah sebaik mungkin.

9. Setelah selesai, tanya sukarelawan kartu apa yang ada di tangannya. Ia akan menjawab "6 sekop". Balik kartu di tangannya, dan ternyata nilainya adalah 2 keriting!

TIPS : Lakukan trik ini dengan cepat agar sang penonton tidak punya kesempatan melihat nilai sebenarnya kartu di tangannya.

Effect : Anda menunjukkan 3 buah kartu yang dipegang dalam satu tangan. As Keriting, As Wajik, dan As Sekop. Kemudian anda membagi ketiga kartu dalam posisi tertutup (menghadap ke bawah). Anda buka kartu sebelah kiri, As Keriting. Anda juga membuka kartu sebelah kanan, As Sekop. Kemudian anda bertanya kepada penonton, kartu apa yang ada di tengah? Penonton akan menjawab "As Wajik". Anda balik kartu di tengah, yang ternyata berubah menjadi "As Hati"

Trik :
Sebenarnya anda memang dari awal memegang As Hati yang dibalik dan bagian bawahnya ditutupi oleh dua kartu yang mengapitnya (lihat gambar).

Kartu As Hati anda balik

Anda tutupi bagian bawah As Hati sehingga menyerupai As Wajik


Anda tunjukkan pada penonton dalam bentuk seperti ini

Effects : Anda meminta sang sukarelawan memilih angka yang ia sukai. Bagi kartu ke depannya sesuai dengan angka yang ia sebutkan. Kemudian anda mengajak sang penonton memilih kartu. Setelah memilih kartu, ia pun membalik kartu di tumpukan paling atas. Ajaib, kartu tersebut sama dengan kartu yang ia pilih!

Prosedur :

1. Minta sang sukarelawan memeriksa satu pak kartu anda dan memastikannya normal, tanpa tanda atau rekayasa apapun. Setelah itu, suruh ia mengocoknya dan mengembalikannya pada anda.

2. Lihat dan hafalkan kartu paling bawah (Misal King Hati) tanpa menarik perhatian. Minta sang sukarelawan menyebutkan angka favoritnya.

3. Katakan bahwa anda akan membagi kartu secara acak / tidak dari atas sesuai dengan angka yang dimintanya. Tapi pastikan anda membagi kartu paling bawah (King Hati) pada tumpukan kartu paling atas sang sukarelawan.

4. Minta ia melupakan sejenak tumpukan kartu tersebut. Sekarang tujuan anda adalah membuat sang sukarelawan memilih kartu King Hati. Ambil alat tulis dan tulislah MERAH dan HITAM. Minta sang sukarelawan MENYEBUT salah satu warna tersebut. Karena King Hati merupakan kartu warna merah, anda harus menggiringnya ke warna merah. Jika ia menyebut "MERAH", lingkari tulisan tersebut dan katakan, "Ok, kita pakai warna merah". Jika ia menyebut "HITAM" beri tanda silang pada tulisan HITAM dan katakan "Ok, kita buang warna hitam dan kita pakai warna merah".

5. Katakan ada dua macam lambang yang berwarna merah dalam kartu. Tulis HATI dan WAJIK. Dengan prosedur yang sama seperti pada nomor 4, pastikan ia memilih HATI.

5. Tulislah nilai-nilai yang ada pada kartu remi, yaitu A,1,2,3,4,5,6,7,8,9,10,J,Q,K. Minta ia menyebut lima nilai. Jika diantara lima nilai yang disebutkan ada "K", ambil kelima nilai tersebut dan maju ke prosedur selanjutnya. Jika ia tidak menyebut "K", coret kelima nilai yang ia sebutkan, dan suruh ia memilih 5 nilai lainnya. Pastikan ia mendapatkan nilai "K".

6. Dari 5 kartu yang ia pilih, misal A, 4, 7, K, 8; suruh ia menyebut 3 nilai diantara kelima nilai tersebut. Misal ia memilih "K", "A" dan "4", katakan"Ok, kita pakai nilai tersebut". Tapi jika ia memilih "4", "7" dan "8", coret ketiga nilai tersebut dan katakan "kita akan menggunakan "A" dan "K".

7. Dengan trik dan prosedur yang sama, pastikan ia mendapatkan "K" sebagai hasil akhir. Beritahukan bahwa sang sukarelawan telah memilih warna "MERAH" simbol "HATI" dan nilai "KING", berarti kartunya adalah KING HATI.

8. Tanyalah sang sukarelawan "Sadarkah anda bahwa dari tadi saya telah memanipulasi pikiran anda?" Apapun jawabannya, suruh ia membalik kartu paling atas dari tumpukan miliknya, dan nilainya akan sama dengan King Hati, kartu yang tadi dipilihnya.

Catatan : Trik ini akan lebih efektif dilakukan dengan tempo cepat.

Effect : Dengan beberapa langkah, Anda dapat mengetahui dimana kartu pilihan penonton berada.

Prepare : Sediakan 24 lembar kartu, 14 lembar kartu merah ( wajik dan hati) dan 10 lembar kartu hitam (sekop dan keriting). 2 kartu di antara kartu hitam gunakan 2 kartu As Sekop.


Bagi kartu – kartu ini menjadi 2 bagian. Masing-masing 7 lembar kartu merah dan 5 lembar kartu hitam. Lalu susun di atas 2 meja terpisah dengan urutan seperti ini.



Performance :
Anda undang seorang penonton untuk membantu Anda dalam eksperimen ini. Katakan pada penonton, “Anda lihat di atas 2 meja ini ada beberapa kartu. Dan nanti, dengan bantuan Anda, saya akan melakukan sebuah eksperimen yang akan menunjukkan bagaimana pengaruh kekuatan imajinasi kita dalam menentukan arah dan tujuan dalam hidup kita ”.

Sekarang, anda dan penonton masing-masig berdiri di depan meja dan anda berdua berdiri saling membelakangi agar masing-masing tidak bias melihat apa yang dilakukan.
Laku katakan, “Sekarang saya minta anda lihat kartu-kartu itu dan bayangkan dalam pikiran anda. Imajinasikan dalam pikiran anda bahwa kartu-kartu itu adalah sekumpulan prajurit yang sedang bertempur di medan perang. Kartu-kartu hitam adalah anda dan rekan-rekan anda, sedangkan kartu yang merah adalah musuh anda”.
“Walaupun jumlah musuh lebih banyak dari pasukan anda, anda tak perlu takut karena dengan kekuatan imajinasi yang anda miliki anda dapat mengalahkan mereka semua”.
“Sekarang saya minta letakkan jari telunjuk anda pada salah satu kartu hitam, dan bayangkan itu adalah anda. Anda lihat di sekeliling anda banyak musuh yang mengepung anda. Sekarang pindahkan jari anda ke kiri ata kanan kartu merah terdekat, itulah musuh anda dan habisi dia. Kemudian , pindahkan jari anda ke atas atau bawah, maaf, maksud saya kea rah diagonal kartu hitam terdekat, di sana ada rekan anda yang terluka, cepat tolong dia!”.

“Pindahkan lagi jari anda ke kiri atau kanan kartu merah terdekat, disanalah musuh anda. Sekarang anda pindah ke atas atau bawah, saya ulangi kea rah diagonal kartu hitam terdekat. Sekali lagi pindahkan jari anda ke kiri atau kanan kartu merah terdekat”.

“Terakhir ,anda pindah ke atas ataun bawahkartu hitam terdekat (90% As Sekop). Itu adalah markas pasukan anda yang telah direbut musuh, dan kini anda telah berhasil merbutnya kembali.”

“Sekarang, singkirkan kartu lain selain kartu yang anda pegang. Sejak dari awal tadi anda melangkahkan jari anda di atas kartu-kartu itu, saya pu melakukan hal yang sama”.
“Dan sebenarnya, tanpa anda sadari melalui penggunaan bahasa tubuh dan kata-kata, saya telah berhasil mempengaruhi pikiran dan alam imajinasi anda agar memilih kartu yang sama dengan yang sya pilih”. Lalu tunjukkan kartu anda berdua sama, yaitu As Sekop.
Sebagai closing katakan, “Denagn melatih kekuatan imajinasi anda melalui eksperimen-eksperimen sederhana, anda dapat mengatur pikiran dan tubuh anda bahkan orang lain. Terima kasih dan beri tepuk tangan untuk sukarelawan brilliant kita!”


Secrets :
Kunci permainan ini hanya beberapa langkah, yaitu:
Hitam, kiri / kanan Merah, Atas / Bawah Hitam, kiri / kanan Merah, atas / bawah Hitam, kiri /kanan Merah dan atas / bawah Hitam. Saat penonton berkata tidak bias bergerak ke atas atau bawah mintalah untuk bergerak secara diagonal.



“ Berfantasi atau berimajinasi sangat dibutuhkan oleh pikiran kita untuk berelaksasi dari semua realita yang ada. Dan fantasi dapat kita kendalikan seuai dengan yang kita inginkan. Bagaimana caranya? Kita yang menentukannya sekarang juga!!!”

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar