Jumat, 04 Desember 2009

Semangat Corporate Social Responsibility

SEMANGAT CSR


Sebagai bagian dari anak bangsa, Pertamina sebagai perusahaan publik tentunya berkewajiban untuk ikut dalam segala hal yang berkontribusi terhadap pembangunan bangsa. Disamping sebagai perusahaan yang berfokus pada bisnis, tentunya Pertamina juga diharapkan bisa memberikan dampak positif bagi bangsa, dan salah satu saluran untuk itu adalah dilaksanakannya program Corporate Social Responsibility.

Corporate Social Responsibility memang menggunakan dana sebagian kecil dari laba perusahaan, tentunya jika semakin besar laba perusahaan maka anggaran CSR pun akan semakin besar, sehingga bisa dirasakan oleh lebih banyak masyarakat.

Salah satu yang sudah dilaksanakan adalah digelarnya pemeriksaan Diabetes Mellitus di 14 titik dilaksanakan pada Kamis 3 Desember 2009 kemaren. Hal ini tentunya akan memberikan dampak positif bagi masyarakat yang merasakan dan menerima program itu. Namun cukupkah itu ???

Di masa dimana seringkali masyarakat harus menerima kebijakan negara yang kurang berpihak kepada mereka, dan walaupun negara sudah jungkir balik dengan memberikan program pro rakyat (Bantuan Operasional Sekolah, dll) namun masih banyak masyarakat yang merasakan kurangnya perhatian dari pemerintah kepada mereka, dan hal ini bisa dilihat dari banyaknya demonstrasi di setiap penjuru negara akibat ketidakpuasan masyarakat.

Kerja Keras ??? Ya memang akhirnya hal itu yang harus dinasehatkan kepada masyarakat agar taraf hidup mereka lebih meningkat lagi. Coba kita lihat dengan negara penghasil minyak yang lain, Saudi Arabia misalnya, kalo dibandingkan dengan masyarakat disana, kerja keras masyarakat indonesia masih bisa dibandingkan dengan mereka, tetapi pertanyaannya kenapa negara mereka lebih makmur.

Bagi yang sudah pernah ke Saudi Arabia, khususnya di Mekkah dan Madinah, bisa dilihat, hampir tiap saat, ada perusahaan yang membagikan bantuan kepada para jama'ah haji, entah berupa makanan, buku, dll. Hal ini tentunya dengan harapan sang Khalik akan memberikan barakah atas segala usaha, kerja keras perusahaan dan selalu tidak ada kejadian perusahaan disana yang memberikan sumbangan dan amal tersebut bangkrut bahkan merugi, yang ada perusahaan semakin besar dan Barakah.

Masih banyak masyarakat di negara ini yang berada di bawah standar. Tentunya ini jadi ladang amal dan barakah bagi perusahaan. Semoga sekelumit kisah ini bisa menggugah semangat berbagi dan CSR dan ke depan bisa barakah.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar