Selasa, 13 Oktober 2009

Hikmah Sedekah

Menyakiti Si Iblis! Ternyata, bersedekah merupakan salah satu amalan yang dapat menyakiti Si Iblis. Berdasarkan percakapan Si Iblis dengan Sang Nabi, diketahui bahwa ketika Anda bersedekah, itu sama saja Anda membelah tubuh Si Iblis dengan gergaji. Dan dari percakapan ini diketahui pula empat manfaat bersedekah:
1. harta Anda akan diberkahi
2. kehidupan Anda akan disukai
3. segala macam musibah akan terhalau
4. sedekah Anda akan menjadi hijab antara Anda dengan api neraka

Di kesempatan lain, Sang Nabi pernah berpesan, “Belilah semua kesulitanmu dengan sedekah.” Khalifah Ali juga pernah berpesan, “Pancinglah rezeki dengan sedekah.” Nah, mengacu berbagai dalil, inilah rangkuman manfaat sedekah:
1. melipatgandakan rezeki (10 kali, 700 kali, bahkan lebih)
2. memudahkan urusan
3. memudahkan keturunan
4. memelihara kesehatan
5. memanjangkan umur
6. menolak bala
7. membersihkan harta
8. membuat kita tidak terlalu cinta akan harta
9. membuat Dia tambah sayang sama kita
10. menjadi pahala dan salah satu pintu surga

Allah pun telah menjanjikan, kalau kita menginginkan perniagaan yang tidak mungkin merugi, maka penuhilah tiga syarat. Pertama, baca Al-Qur’an. Kedua, dirikan sholat. Ketiga, sedekah baik secara diam-diam maupun terang-terangan (QS 35: 29).

Semakin besar sedekahnya, yah, semakin baik. Masih ingat dengan Index of Sacrifice? Yap, semakin berat pengorbanan Anda dalam bersedekah, maka semakin CEPAT dan semakin BESAR pula balasannya. Setidaknya, demikianlah testimoni para pelaku sedekah. Nah, berat itu bisa karena ‘jumlah rupiahnya’ atau ‘rasa sayang Anda terhadap uang dan barang yang Anda sedekahkan’.

Jika pendapatan Anda Rp 10 juta, maka sedekah Rp 1 juta terhitung relatif ringan. Tapi, jika pendapatan Anda Rp 2 juta, maka sedekah Rp 1 juta terhitung relatif berat. Iya ‘kan? Itu yang pertama. Yang kedua, berat bisa juga karena rasa sayang Anda terhadap uang dan barang yang Anda sedekahkan. Misalnya, kalung warisan, cincin pernikahan, jam kesayangan, dan lain-lain. Berat, memang. Namun inilah yang sangat dianjurkan. (QS 3: 92)

Dengan kata lain, lebay itu boleh. Asalkan ‘lebay’ dalam bersedekah.
Foya-foya juga boleh. Asalkan ‘berfoya-foya’ di jalan Allah, hehehe!

Akhirnya, mari kita tingkatkan Index of Sacrifice kita dalam bersedekah! Dengan kata lain, mari kita ‘berfoya-foya’ di jalan-Nya! Agar semakin cepat dan semakin besar pula balasan dari-Nya

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar